Cara Mengganti Email Utama di Android Tanpa Kehilangan Aplikasi yang Telah Diinstal

Ada banyak alasan seseorang mengganti email utama di hape Androidnya. Membeli/menjual hapenya yang telah jadi barang second menjadi alasan kuat, yang mungkin tak terbantahkan. Buat saya, khususnya.

Yap, saya punya hape android second. Bukan dari hasil membeli sih, tapi lungsuran punya istri.

Samsung Galaxy Grand Duos 2 SM-GT 7102, seri hape androidnya. Tahun 2014, seri Samsung ini terbaik di kelasnya, terutama kameranya. Meskipun, setelah dijejali banyak aplikasi, Samsung ini suka nge-lag, yang loadingnya bikin geram setengah mati. Ups, saya kok jadi cerita ini ya? Ngelantur. Intinya, saya punya hape android second.

Well, karena hape saya second, maka email yang ada di dalam hape itu adalah email istri saya. Ogah dong pakai email dia? Makanya, saya pun berpikir untuk mengganti email tersebut dengan email yang saya buat sendiri.

Sempat kebingungan sih mengganti email yang dijadikan email utama untuk hape android ini. Secara, mengganti email hape android berarti menghapus semuanya, termasuk settingan-apk terinstal-dll. Wuaduh... mana hape ini keburu saya root lagi? Jiaaahhh...

Eits, tapi saya langsung pakai jurus terakhir, yaitu jurus googling. Dan nemu caranya deh... Sekarang sudah berhasil ganti email utama. Silakan disimak. Ada perbedaan dikit sih dengan tutorial yang saya cari di internet, tapi cuma dikittt, tidak beda-beda banget.

Cara Mengganti Email Utama di Android Tanpa Kehilangan Aplikasi yang Telah Diinstal

Yang pertama, yaaa, hape android kamu harus dalam keadaan telah root. CATET, ini bagian paling penting.

Terus, download dan instal deh aplikasi bernama Root Explorer (jika kamu sudah punya silakan skip poin kedua ini)

Buka Root Explorer, dan cari folder bernama "accounts.db" - karena disinilah letak database email utama akun hape kamu.

Pasti timbul pertanyaan dimana letak folder accounts.db tersebut, ya khannn?

Setelah membuka Root Explorer, kamu buka SystemDataUser0Accounts.db

Nb. Mungkin tidak semua hape android punya urutan yang sama ya. Urutan itu saya coba di hape Samsung Galaxy Grand Duos 2.

Sudah menemukannya? Hapus kalau begitu. Terus restart hape kamu, dan kamu bisa memasukkan email baru untuk dijadikan email utama hape android kamu. Mudah khannn?

Mudah-mudahan berhasil di hape kamu. Selamat mencoba!
Load disqus comments

0 komentar