2 Langkah Cara Menghapus Root In-Built Custom Rom OS Android

Posting Komentar
Custom ROM Android merupakan sebuah ROM tidak resmi yang dibuat para developer. Salah satu keunggulan ROM alternatif ini yaitu root in-built yang dibenamkan di menu Opsi Pengembang perangkat. Dengan adanya root in-built, pengguna tidak perlu menginstal aplikasi ketiga, seperti SuperSU Chainfire, Kingroot, maupun Magisk, hanya agar mendapat akses root. Pengguna cukup mengaktifkan atau menonaktifkan di bagian Opsi Pengembang.

Root in-built pada custom rom Android bisa dihapus lho, gini caranya!

Root in-built sekarang menghadapi masalah besar: SafetyNet. Ini merupakan momok bagi perangkat HP yang ter-root. Jika sebuah aplikasi memakainya, SafetyNet akan memberikan sinyal merah, menandakan bahwa HP yang dipakai seorang pengguna dalam keadaan root. Alhasil, aplikasi tersebut tidak mau berjalan di HP yang menggunakan custom ROM root in-built.

Saya pengguna Android yang senang dengan ROM custom (baca: Pengalaman memakai custom OS Android 5.1.1 di HP Samsung Grand SM-G7102). Tapi saya juga pemakai aplikasi yang tidak mengizinkan adanya root HP. Apa solusinya? Artikel ini berusaha membantu kamu menghapus root in-built custom ROM Android.

Catatan: HP kamu terinstal TWRP dan ROM custom-nya.

Cara Menghapus Root In-Built Custom Rom OS Android

Enable-kan root in-built di Opsi Pengembang-nya. Baca: cara mengaktifkan root in-built custom rom.

Langkah 1: Enable-kan root in-built di Opsi Pengembang-nya. Baca: cara mengaktifkan root in-built custom rom.

Hapus / pindah / ganti nama (rename) folder Su (root SuperSu)

Langkah 2: Kamu harus menghapus, memindahkan, atau  mengganti nama SU Binaries yang ada di folder system bin dan xbin. Untuk melakukannya, kamu perlu masuk ke TWRP. Jika sudah, yang pertama kamu lakukan adalah me-Mount System Partition. Setelah itu kembali, tekan Advanced, lalu pilih File Manager.

Di File Manager, kamu akan melihat banyak file. Kamu harus menekan folder System, lalu cari Xbin dan Bin. Kamu bisa menghapus/memindahkan/mengganti nama folder SU Binaries-nya. Kalau saya lebih suka menghapusnya, biar benar-benar bersih dari root.

Setelah itu, kamu reboot HP kamu ke sistem. Seharusnya HP bisa reboot secara normal. Kemudian, kamu cek di Opsi Pengembang. Klik Akses Root dan kamu hanya akan melihat pilihan Disabled atau ADB Only.

Tambahan (Edit Tanggal 16 Oktober 2018)

Selain cara diatas, saya menemukan cara lain yang juga efektif untuk menghapus custom rom yang sudah ada root in-built-nya. Cara ini pernah saya coba di HP Samsung SM-G7012 dengan OS cusrom Nougat 7.1.2, sehingga bisa diinstal Magisk. Silakan simak langkah-langkahnya berikut ini:

Cara Kedua Menghapus Root In-Built Custom Rom Android

  • Instal aplikasi SuperSU melalui TWRP, dan reboot masuk sistem.
  • Buka aplikasi SuperSU, masuk ke menu pengaturan SuperSU.
  • Pilih Unroot Penuh. 
  • Jika muncul info menambal (recovery) boot.img, tekan saya Yess. Hal ini bermanfaat jika kamu mau mengupdate OS resmi melalui OTA atau menginstal Magisk. Namun menambal boot.img tidak bisa berhasil di semua HP, ada juga yang gagal, jika gagal ya pilih saja cara sebelum cara ini ya.
  • Reboot.

Itulah cara menghapus root in-built custom ROM secara sempurna. Untuk memastikannya, silakan cek dengan aplikasi root checker seperti SafetyNet Helper Sample App. Selamat mencoba ya![]

Related Posts

Posting Komentar