Begini Cara Setel Rantai Motor Honda Blade 125CC Injection

Posting Komentar
Pada artikel saya sebelumnya, yakni 5 Cara Merawat Rantai Motor, sudah saya sebutkan: mengecek kondisi rantai secara berkala menjadi hal wajib pertama yang sebaiknya Anda lakukan sebagai pengguna motor harian. Anda wajib memeriksa kebersihan, kekencangan, gear, pelumas, dll.


Nah, dalam artikel, saya akan membagikan tips mengencangkan rantai motor. Yah, sebagai pengguna motor harian, saya merasa perlu bisa melakukan hal ini, pasalnya kalau minta bantuan bengkel pinggir jalan bisa kena 10 ribuan. Duit segitu lumayan buat beli kuota internet, hehehe. Selain itu, kadang abang bengkelnya mengerjakan setengah hati, sehingga ban motor belakang saya mencong. Saya juga lagi menggalakkan program DIY (Do It Yourself) untuk diri sendiri.

Untuk mengencangkan rantai motor yang kendur, Anda membutuhkan tiga kunci - dua kunci ukuran 19 dan satu kunci ukuran 10.

  1. Kendurkan baut as roda belakangan dengan dua kunci ukuran 19. Ingat kendurkan saja, jangan berlebihan!
  2. Ambil kunci ukuran 10, lalu kencangan baut kecil yang ada pada lengan ayun.
  3. Paskan kekencangan rantai. Jangan terlalu kencang. Rantai tidak akan berputar nanti.
  4. Paskan garis pembatas pengencang as. Jika kiri dua, maka kanan sebaiknya dua.
  5. Kencangkan kembali baut as.

Bagaimana, rasanya cukup mudah untuk diterapkan bukan? Semoga bermanfaat!

Related Posts

Posting Komentar