Berapa Tekanan Angin Ban Motor, Standar Matik / Bebek?

Posting Komentar

Waktu ngisi angin ban motor di bengkel pinggir jalan, pernahkah melintas di benakmu berapa tekanan angin ban motor yang harus diisi? Atau jangan-jangan, kamu tak peduli sama sekali karena bagimu yang penting motor bisa melaju, hehehe...

Ya, ternyata, ada standar ukuran tekanan angin ban motor yang kamu gunakan. Mau itu motor matik, motor bebek, motor “batangan”, ban tubeless, ataupun ban non-tubeless alias ban yang pakai ban dalam.

Hanya saja, tentunya, standar yang dimiliki tiap ban itu berbeda-beda. Hal ini bergantung pada motor yang dipakai, merek ban, dan apakah itu ban depan atau belakang. Sekadar ancer-ancer, kisaran tekanan ban motor itu antara 26-40 Psi.

Ukuran tekanan angin ban motor semua jenis.

Standar Tekanan Angin Ban Motor Ada Tertera di Tiap Ban

Sebenarnya, standar tekanan angin ban motor sudah tertera di tiap ban. Kamu nggak perlu sibuk menebak-nebaknya – bak kuis Teka-Teki Silang-nya Cak Lontong yang super duper membingungkan, menyebalkan, tapi kocak.

Ukuran tekanan angin yang ada pada gambar dimiliki semua jenis ban motor. Kamu tinggal melihat angkanya di ban dengan jeli.

Kenapa Ban Motor Perlu Diisi Tekanan Angin Sesuai Standarnya?

Hal ini berhubungan dengan keamanan dan kenyamanan kamu saat berkendara. Ketika ban motor tidak diisi tekanan angin sesuai standar (kempes/kurang angin atau terlalu keras/kelebihan angin), maka motor yang kamu tunggangi akan jadi tidak stabil lajunya. Tentunya, hal ini membuat kamu menjadi tidak nyaman, dan ujung-ujung tidak aman juga.

Selain itu, motor yang bannya tidak diisi angin sesuai ketentuan akan membuat kikisan ban tidak sempurna. Dan itu akan terjadi lebih cepat dibanding ban dengan tekanan angin yang pas.

Sekarang, kamu sudah kan berapa tekanan angin ban motor yang standar? Jadi, mulai sekarang, jangan sampai deh ban motor kamu kurang angin atau kelebihan angin. []

Related Posts

Posting Komentar