Karakter Pangeran Matahari di Film Sekuel Wiro Sableng Pendekar Kapak Maut Naga Geni 212

Posting Komentar

Film Wiro Sableng Pendekar Kapak Naga Geni 212 (2018), menurut infonya, akan menjadi trilogi. Pada post credit title film bioskop Indonesia ini dibocorkan sekilas musuh yang akan muncul dalam sekuelnya. Meskipun tak sampai satu menit, tapi dari kostumnya yang serba hitam dengan gambar Gunung Merapi dan matahari di bagian dada membuat para pemirsa sudah bisa menebak siapa sosok jahat itu. Yap, dialah Anom atau lebih dikenal dengan Pangeran Matahari. Seberbahaya apa dia sampai-sampai menjadi musuh bebuyutan Wiro Sableng?

Karakter Anom muncul pertama kali dalam buku cerita silat Wiro Sableng seri ke-31 dengan tajuk: Pangeran Matahari dari Gunung Merapi. Asal-usulnya tidak diceritakan secata detail. Tapi alm. Bastian Tito memberi sedikit gambaran bahwa Anom adalah putra mahkota dari istri ketiga raja Surokerto. Waktu usia sekolah, kalau di zaman kita sekarang, Anom pernah hampir mati ketika Gunung Merapi meletus. Seorang tua sakti, bernama Muka Bangkai, muncul menyelamatkannya, bahkan menjadikannya murid. Keputusannya didasari mimpi pertemuannya dengan bocah lelaki yang sombong dan congkak di kaki Merapi itu.

Selama dua belas tahun lamanya, Muka Bangkai menggembleng Anom di Gunung Merapi. Sebelum meninggalkan Anom begitu saja, dia menggelari Anom nama baru, yakni Pangeran Matahari dan menghadiahinya jubah hitam bergambar Gunung Merapi dan Matahari di bagian dada. Itulah "kelahiran" Pangeran Matahari, si pendekar yang congkak, licik, dan tinggi ilmu.

Ada satu pesan dari Muka Bangkai pada Pangeran Matahari, yaitu tidak menguak jati dirinya pada kedua orang tua dan saudaranya atau seluruh ilmunya musnah. Setelah mendapat nama baru, Pangeran Matahari turun gunung. Membalas dendam pada orang-orang yang telah meninggalkannya di Gunung Merapi yang meletus dua belas tahun silam.

Dari buku cersil ke-31 Wiro Sableng, saya menemukan ada tiga jurus andalan yang digunakan Pangeran Matahari untuk menghajar lawan-lawannya, termasuk Wiro Sableng. Jurus itu antara lain: Pukulan Telapak Merapi, Pukulan Merapi Meletus, dan Pukulan Gerhana Matahari.

Apakah musuh bebuyutan Wiro Sableng ini akan adu nyawa di film sekuel Wiri Sableng Pendekar Kapak Maut Naga Geni 212 berikutnya? Kita tunggu saja infonya lebih lanjut.

Related Posts

Posting Komentar