Cara Mengembalikan CUSTOM ROM ke STOCK ROM Samsung Galaxy SM-G7102

Posting Komentar

Awalnya saya hanya berniat coba-coba mengganti stock rom dengan custom rom, karena bosan dan HP berat banget. Karena HP jadi lebih enteng, meskipun dengan tampilan membosankan, saya jadi lebih percaya kalau rom custom jauh lebih baik daripada rom bawaan pabrik. Setidaknya itu kesan saya setelah menggunakan rom alternatip CM12.1 lollipop buatan Mukul Soni. Meskipun kadang masih suka ngelag dan beberapa aplikasi suka force close sendiri yang bikin gedek hati juga.

Cara Mengembalikan CUSTOM ROM ke STOCK ROM

Sekarang saya mau ganti custom rom buat Samsung SM-G7102 lagi. Tapi pengembang yang membuat rom yang mau saya instal, Resurrection Remix Nougat 7.1.2 buatan Adityapreuti, mensyaratkan rom itu wajib diinstal dari firmware base kitkat 4.4.2 bawaan SM-G7102. HP saya pun harus diinstal stock romnya yang sebelumnya sudah saya backup melalui TWRP. Jadi saya tinggal restore melalui TWRP juga. Namun, ada tata cara mengembalikan custom rom ke stock rom buat HP apapun. Yuk ikuti langkah-langkahnya di bawah ini.

  1. Matikan HP SM-G7102, lalu masuk ke TWRP dengan menekan tombol power + vol atas + menu atau bisa dengan cara mudahnya (artikelnya baca disini).
  2. Wipe dulu. Pilih Advance Wipe >> Data + Cache terlebih dulu. Jika sudah lanjutkan ke poin ketiga.
  3. Masuk ke menu Restore, kemudian pilih file rom yang mau dikembalikan. Ikuti saja instruksi selanjutnya, dan tunggu sampai proses selesai.
  4. Terus reboot ke sistem deh. Mudah kan?

Step by step yang dipaparkan terlihat mudah ya? Mudah-mudahan teman-teman yang mau mengembalikan cusrom ke stock rom juga bisa mengikutinya, dan tidak brick ya ponselnya.

Related Posts

Posting Komentar