Stres, Penat, Lelah? Lakukan 6 Cara Memijat Badan Sendiri Agar Segar Lagi!

Posting Komentar

Dalam menjalani kehidupan sehari-hari, tidak bisa dipungkiri jika kita bisa mengalami yang namanya stres, penat, dan lelah. Hal itu membuat badan kita menjadi tegang, kaku, dan tidak nyaman. Solusinya adalah menenangkan tubuh dengan pijat. Tidak usah repot-repot datang ke tukang pijat, kita pijat saja diri sendiri. Bagaimana cara memijat badan sendiri yang pegal?

Mandi Air Hangat

Sebelum melakukan cara memijat tubuh yang pegal, ada baiknya kita menyegarkan diri terlebih dulu dengan mandi air hangat. Hal ini bermanfaat supaya tubuh terasa segar, tenang, dan otot-otot yang kaku menjadi kendur. Kita juga bisa menambahkan garam secukupnya di air hangat yang akan dipakai untuk mandi atau berendam.

Siapkan Minyak Pijat

Tentu saja, minyak pijat merupakan tool khusus yang perlu disediakan sebelum kita mulai memijat diri sendiri. Ini bermanfaat supaya tangan kita licin (tidak seret) nantinya saat mengurut bagian tubuh yang pegal. Tidak mau kan kulit tubuhnya jadi lecet gara-gara seret? Selain minyak pijat, yang memang dikhususkan untuk pijat, kita juga bisa memakai lotion, minyak goreng, balsem, atau lainnya. Intinya supaya licin saja.

Pijat Bagian Mata dan Kepala

  1. Bagian Mata >> Berikan minyak pada kedua ibu jari, lalu tempelkan kedua ibu jari di alis. Tarik dari bagian tengah-tengah alis dengan arah berlawanan kiri dan kanannya. Lakukan berulang-ulang, hingga kita mulai terasa tercerahkan.
  2. Bagian Kepala >> Setelah memijat bagian mata, langkah selanjutnya memijat bagian kepala. Caranya, pegang kepala dengan kedua tangan. Kemudian remas-remas dengan sedikit kuat agar rasa pusing di kepala hilang. Tekan juga bagian atas telinga dengan jempol, lalu putar-putar berjalan ke arah leher. Jangan lupa beri minyak juga ya.

Pijat Bagian Leher dan Pundak

Selanjutnya, pijat bagian leher dan pundak. Untuk memulainya, tekan dengan ibu jari bagian leher yang terletak di belakang telinga. Setelah diberi minyak sedikit, dorong ibu jari ke leher bawah. Ulangi beberapa kali hingga rasa pegal mulai hilang.

Sehabis itu, bisa mulai dilanjutkan ke bagian pundak atas dan punggung atas. Biasanya bagian ini sangat pegal jika kita mengalami stres, penah, dan kelelahan. Dan akan sangat enak jika dipijat dengan tekanan yang pas.

Pijat Bagian Punggung

Karena bagian punggung sulit dijangkau, maka cara memijat punggung sendiri yang pegal dibutuhkan tools tambahan, seperti bola tenis atau sejenisnya. Letakkan bola di dinding atau di lantai, lalu tekan dengan punggung yang pegal. Gerakkan ke atas dan ke bawah.

Pijat Bagian Kaki

Bagian kaki merupakan bagian paling mudah dipijat diri sendiri. Tak perlu bingung-bingung untuk cara memijat kaki yang pegal, fokuskan saja pada tiga bagian ini.

  1. Bagian jari kaki bisa dipijat dengan menggerakkan dan memutarkan jari kaki, baik ke atas maupun ke bawah dengan tangan, dan diakhiri dengan menarik jari kaki supaya bunyi. Setelah itu, pijat juga bagian celah diantara jari-jari kaki.
  2. Bagian tumit kaki bisa dipijat dengan cara digenggam tangan dengan tekanan yang cukup.
  3. Bagian telapak kaki bisa dipijat dengan ibu jari dengan tekanan yang cukup, jangan terlalu keras ya.

Itulah 6 cara memijat tubuh yang pegal dan capek. Sekarang, tak perlu bingung lagi mencari tukang pijat. Ya kan?

Related Posts

Posting Komentar