8 Bisnis Sampingan Solusi Penghasilan Ojek Online Menurun

Posting Komentar
Berapa penghasilan ojek online per hari? Pertanyaan itu ditanyakan oleh beberapa akun FB. Mereka, yang full ngojek, ketakutan dengan kebijakan dan aturan ketat driver ojek online yang makin hari dirasakan tidak pro ke driver ojek online. Padahal pekerjaan ojek online, yang tadinya bisa dibuat sambilan, sekarang tidak lagi. Semua harus fokus.

Nah, daripada pusing memikirkan kebijakan aplikator dan pendapatan yang selalu menurun, yang bikin dapur tidak ngebul dan menyulitkan, kenapa tidak membuka bisnis sampingan untuk tambah-tambah biaya dapur? Tak ada salahnya kan tukang ojek online menjalankan bisnis sampingan? Apa saja bisnis sampingan itu?


Jualan Pulsa

Zaman sekarang siapa tidak membutuhkan pulsa? Tidak terkecuali driver ojek online. Pulsa dan kuota merupakan bagian penting yang tak bisa dipisahkan dari pekerjaan driver ojek online. Tak ada pulsa dan kuota, takkan ada order masuk yang bisa dijalani.

Seorang driver ojek online pun bisa menjalankan bisnis jualan pulsa ini secara mobile. Ini salah satu solusi untuk menambah penghasilan ojek online dalam sebulan. Memang sekarang “pintu” untuk membeli pulsa sudah sangat mudah, tapi bukan berarti tak ada ceruk yang bisa disusupi kan? Tinggal pintar-pintar driver ojek onlinenya saja melihat peluangnya – apakah ada rekan sesama driver ojek online membutuhkan pulsa atau mungkin malah customer-nya.

Modal jualan pulsa tidak banyak. Driver ojek online hanya butuh mendaftar lewat aplikasi. Bisa pakai aplikasi Gojek penumpang, bisa pakai Paytren, dll.

Jasa Software dan Hardware HP Android

Selain pulsa, HP juga merupakan alat tempur yang tidak bisa dipisahkan dari pekerjaan driver ojek online. Kebutuhan HP yang tinggi cenderung membuat HP jadi cepat rusak. Entah itu karena terjatuh, baterai rusak (ngedrop), OS korup karena sering dioprek, dll.

Memang jenis jasa satu ini membutuhkan keahlian khusus. Salah-salah HP kastamer bukannya jadi bener malah jadi rusak. Malpraktik itu namanya. Ha. Jadi, driver ojek online yang ingin membuka jasa software dan hardware HP harus membekali diri dengan keahlian ya. Untuk software, tempat belajarnya banyak – bisa Youtube, bisa forum XDA. Untuk hardware, saya belum tahu – silakan dicari sendiri.

Tarif jasa software dan hardware HP ini lumayan loh. Sekarang salah satu kawan saya tidak perlu penghasilan ojek online lagi untuk memenuhi kebutuhannya sehari-hari. Karena bisnis ini sudah berjalan dan hasilnya cukup memenuhi kebutuhan hidupnya dan keluarga kecilnya. Alhamdulilah!

Buka Bengkel Mandiri

Selain HP, pulsa, dan kuota, motor juga merupakan salah satu alat tempur ojek online yang akan dijaga agar tidak rusak. Bagi driver ojek online yang memiliki keahlian dalam perbengkelan sebaiknya membuka bengkel mandiri di rumahnya. Yang dikhususkan bagi teman-teman sesama driver. Soal harga bisa lebih bersahabat dibanding bengkel lain-lah.

Broker

Driver ojek online juga bisa memanfaatkan chit-chat penumpang dalam menjual barang atau jasa. Istilah kerennya broker. siapa tahu kencantol? Namanya juga bisnis sampingan.

Buka Warung, Masukkan Aplikasi Gofood / Grabfood

Solusi lain menaikkan pendapatan ojek online menurun adalah membuka warung kemudian mendaftarkan agar dimasukkan ke aplikasi Gofood dan Grabfood. Mudah-mudahan bisa menjadi tambahan pemasukan. Bahkan jika diperlukan tongkrongin warung sendiri untuk mendapatkan order food. Ha. Beberapa teman melakukan itu, dan itu sah-sah saja, selama ordernya benar bukan fiktif.

Namun kesulitannya adalah driver ojek online tidak bisa bergerak sendirian untuk mengelola warung ini. Butuh partner. Setidaknya istri atau karyawan, supaya jam nariknya tidak terganggu. Sehingga bisa dipastikan modalnya tidak sedikit.

Pangkalan Ojek Online

Poin selanjutnya merupakan kelanjutan poin sebelumnya. Pangkalan ojek online merupakan tempat para ojek online melepas lelah dan penat, setelah seharian bekerja dan berkutat dengan debu jalanan. Sehingga, bisa dipadukan dengan warung kopi, warung Gofood / Grabfood. Karena menjadi pangkalan, maka listrik gratis wajib tersedia, setidaknya untuk charger digratiskanlah biar tidak membebani para driver ojek online. Toh, setidaknya mereka juga jajan di warung kita.

Modal membuat pangkalan ojek online juga lumayan besar. Sedikitnya dibutuhkan lahan, kopi, mi instan, dll.

Blogger

Belum banyak driver ojek online merambah ke bisnis sampingan satu ini, sebagai blogger, untuk menambah penghasilan ojek online dalam sebulan. Padahal, meskipun aktivitas blogging bukanlah cara mencari uang terbaik, jika ditekuni akan menghasilkan juga. Artikel-artikel yang dihasilkan pun lebih variatif karena tiap hari keliaran keliling kota. Topik yang bisa disuguhkan juga banyak, diantaranya: tentang kota itu sendiri, food, HP, jalur tikus untuk menghindari kemacetan, apapunlah.

Hasil blogging juga tidak bisa dibilang sedikit loh, kalau sudah jadi. Kalau belum ya wajib berjuang dulu. Semangat kakak! ^^

Pemandu Wisata

Karena sering berkeliaran di kota, otomatis driver ojek online bisa lebih dalam mengenal seluk beluk kotaknya. Driver ojek online yang cerdas sebaiknya memanfaatkan ini. Tapi tidak disemua kota bisa diterapkan. Hanya di kota-kota tertentu, seperti Bali dan Yogyakarta. Hanya saja, menjadi pemandu wisata tak bisa dilakukan setiap hari.

Sepertinya ini saja sharing dari saya. Intinya apapun bisa dijadikan bisnis sampingan. Tinggal kita, sebagai driver ojek online, saja yang perlu mengkreasikannya. Salam! Cao!

Related Posts

Posting Komentar