Mempelajari Cara Mengetik Cepat 10 Jari Tanpa Melihat Keyboard Komputer Itu Mudah

Posting Komentar
Sebuah pertanyaan menggelayut di benak saya: “Apakah perlu mempelajari cara mengetik cepat 10 jari tanpa melihat keyboard komputer?” Jawabannya tergantung kebutuhan. Bagi saya, mengetik cepat, merupakan skill yang harus dimiliki. Tentu saja ini berkaitan erat dengan bidang yang saya tekuni: tulis-menulis (blog) he.


Awalnya, saya ingin memiliki kemampuan mengetik dengan cepat supaya ngirit. Waktu zaman kuliah dulu, saya belum punya komputer. Untuk menyelesaikan tugas, saya harus ke rental komputer. Saya mengetik dengan sebelas jari – telunjuk kanan dan telunjuk kiri, hehehe. Sembari mata terus mengawasi ke arah keyboard. Ujung-ujungnya duit jajan habis buat tugas kuliah. Saya pun belajar mengetik cepat 10 jari. Walhasil, sekarang saya bisa mengetik dengan cepat – tidak 10 jari sih, 8 jari karena jari kelingking saya terlalu pendek.

Hapal Urutan Huruf Keyboard QWERTY

Sebelum bisa mengetik cepat menggunakan 10 jari, sebaiknya hapal dulu urutan huruf keyboard QWERTY komputer. Alasannya sederhana, bagaimana mungkin kita bisa cepat mengetik bila tidak hapal urutan huruf di keyboard. Mau menekan huruf tapi harus melihat dulu dimana posisi hurufnya, kan nggak banget ya. Sebelum hapal, saya juga lambat mengetik. Setelah hapal jadi lebih cepat, meskipun masih memakai sebelas jari.

Menempatkan Jari-jari Pada Huruf-huruf Tertentu di Keyboard

Setelah hapal urutan huruf keyboard, hal wajib dilakukan adalah menempatkan jari-jari pada huruf-huruf tertentu di keyboard. Alasannya, ini untuk membuat jari-jari kita siap menekan tuts keyboard bila dibutuhkan.

  1. Tangan kiri: telunjuk di huruf F, tengah di huruf D, manis di huruf S, kelingking di huruf A, dan jempol di spasi.
  2. Tangan kanan: telunjuk di huruf J, tengah di huruf K, manis di huruf L, kelingking di tanda baca ;.

Latihan Kontinyu

Kita perlu latihan kontinyu agar bisa mengetik 10 jari dengan cepat dan tepat di komputer. Seperti dibilang buku Sidu, practise makes perfect. Ada dua menu latihan yang bisa di lakukan – manual dan otomatis. Yang manual bisa membuat latihan-latihan sendiri. Misal menulis di kertas, aku sayang ibunda, ibunda sayang aku, ayah tidak sayang aku dan ibunda, lalu ketik di komputer. Yang otomatis, alias yang online, bisa masuk ke situs-situs berikut ini: play.typeracer.com, keybr.com, typingstudy.com, learntyping.org, dll.

Related Posts

Posting Komentar