4 Tindakan Ini Bisa Mengatasi Email Tidak Masuk Di Inbox Gmail

Posting Komentar
Pernahkah anda diprotes seseorang, entah itu bos, kawan, atau rekan bisnis, “Bagaimana tanggapannya, kenapa email saya tidak dibalas?” Karena email tidak masuk di inbox, anda kebingungan, dan balik bertanya, “Lha email yang mana yah?”

Jika anda pernah mengalaminya, selamat!, anda tidak sendirian. Ada banyak orang diluaran sana yang juga mengalaminya, termasuk saya.

Masalah ini menimpa saya beberapa hari lalu, dimana bos saya mengirimkan pesan email kepada saya tapi saya sama sekali tidak pernah menerima pesan email itu darinya. Bos yang bersikukuh telah mengirimkan email membuat saya berpikir, “Apa yang telah terjadi pada akun email saya? Kenapa email tidak masuk inbox Gmail?”

Saya pun menanyakan masalah ini pada pak suami. Dan dengan taktis pak suami melakukan empat tindakan untuk mengatasi permasalahan email-email-an tersebut. Apa saja itu?

Mengecek Sinkronisasi Akun Email & Perangkat


Karena saya juga memakai akun email yang sama di HP Android dan PC, maka pak suami mengecek sinkronisasinya di HP. Ya kali ada masalah pengaturan yang tidak sengaja terubah olehku.

Buka pengaturan HP > cari akun atau sinkron (Xiaomi punya) > ceklis semua untuk mengsinkronisasi. Jika sudah, dan ternyata belum juga muncul pesan email, lanjutkan ke tindakan kedua.

Mengecek Pengaturan Email


Buka akun email anda. Kemudian pilih pengaturan > filter dan alamat yang diblokir. Mungkin saja, secara tidak sengaja terubah oleh seseorang atau olehku. Jika ada ya dihapus, jika tidak ya sudah, biarkan.

Mengecek Folder Spam


Tindakan selanjutnya, jika ada seseorang yang mengirim email Gmail tapi email belum masuk, coba cek folder spam. Ini perlu dilakukan, mengingat Gmail juga sering menempatkan email ke folder spam, khususnya email-email yang tidak pernah kita baca atau email-email yang jika masuk ke inbox kita langsung dihapus tanpa dibaca. Tapi kalau tidak ada juga, silakan lanjutkan ke tindakan selanjutnya.

Mengecek Kuota Email


Pada dasarnya akun email yang kita buat di Gmail, Yahoomail, dll. memiliki kuota penyimpanan. Gmail hanya memberikan kuota 15Gb untuk akun email biasa dan bisa ditambahkan dengan sistem sewa.

Jika kuota penyimpanan ini telah habis, maka pesan email yang dikirimkan orang lain ke akun email kita tidak akan pernah masuk. Kita bisa mengirim email, tapi takkan pernah bisa menerima email masuk di Gmail. Mau tak mau, jika kita tidak ingin mengganti akun email, kita harus menghapus sebagian email yang sudah lama atau keseluruhan email secara langsung.

Tenang di Gmail, ada kode yang memudahkan kita mencari jenis email mana yang mau dihapus. Biasanya sih berdasarkan waktu atau berdasarkan bobot email.

Gunakan search email, dan masukkan kode “older_than:1y” (tanpa tanda petik). "1y" berarti setahun. Untuk satu bulan bisa diberi kode "1m", dua bulan "2m", dst. Kemudian hapus saja semua email-email ini. Sementara email berdasarkan bobot email bisa menggunakan kode "size:5mb". Sama seperti diatas, kode ini angkanya bisa diubah.

Sepertinya itu saja tindakan yang dilakukan pak suami untuk mengatasi email masuk Gmail yang tidak ada di inbox. Mudah-mudahan bermanfaat![]

Related Posts

Posting Komentar