Terjaga Hingga Tua, Inilah Cara Merawat Gigi Agar Tetap Sehat dan Kuat

Posting Komentar
Gigi merupakan bagian anggota tubuh yang penting. Selain berguna mengunyah makanan, gigi juga akan menambah keindahan estetika pada wajah seseorang. Pasti, semua orang menginginkan giginya putih, bersih, sehat, dan kuat. Hanya saja, masih banyak orang yang tidak menerapkan cara merawat gigi dengan baik dalam kehidupan sehari-hari. Sehingga gigi keropos dan berlubang. Gigi sakit, membuat hidup tak nyaman.

Karena itu, sebagai pemilik gigi, sudah sepantasnya kita menyadari pentingnya menjaga kesehatan gigi setiap hari. Tidak mau kan sakit gigi mengganggu aktivitas?


Cara Merawat Gigi Agar Sehat Dan Kuat


I. Menggosok Gigi Secara Teratur

Menggosok gigi masih merupakan kewajiban bagi seseorang yang menginginkan gigi sehat dan kuat. Pun begitu, ada beberapa hal yang sebaiknya diperhatikan ketika menggosok gigi.

  1. Sikat gigi secara teratur, minimal dua kali sehari – sehabis sarapan dan sebelum tidur.
  2. Pilih sikat gigi yang sesuai dan ganti tiap 3 bulan sekali atau ketika bulu-bulunya sudah jelek.
  3. Pilih pasta gigi mengandung fluoride, yang mampu melindungi kerusakan gigi yang disebabkan makanan yang manis.
  4. Ketika menggosok gigi, jangan menekan gigi terlalu kuat, jangan buru-buru mau cepat selesai, dan pakailah teknik yang benar.
  5. Gosok juga lidah dan pipi bagian dalam.


II. Hindari Mengonsumsi Makanan dan Minuman Penyebab Gigi Berlubang

Selain menggosok gigi secara teratur, hal yang wajib diperhatikan untuk cara merawat gigi agar tidak keropos adalah menghindari makanan dan minuman yang menyebabkan gigi rusak. Seperti makanan dan minuman yang mengandung gula, karbohidrat, asam fitat, minyak sayur olahan (minyak jagung, minyak biji kapas, dan minyak kedelai). Pasalnya bakteri penyebab plak sangat menyukai jenis makanan dan minuman tersebut.

III. Perbanyak Mengonsumsi Vitamin D, K1, dan K2

Kita bisa mengganti makanan dan minuman yang alami atau mengandung banyak vitamin D, K1, dan K2. Sehingga terhindar dari kerusakan gigi. Apa saja jenis makanan dan minuman itu?

  1. Vitamin D diketahui dalam menyembuhkan gigi berlubang, membantu mencegah radang gusi, dan menambah kalsium untuk kekuatan gigi. Ada banyak cara mendapatkan vitamin D, antara lain: cahaya matahari pagi, ikan tuna, kuning telur, susu fortifikasi, hati sapi, suplemen vitamin D, dan minyak ikan kod.
  2. Vitamin K1 dan K2 bermanfaat memperbaiki kerusakan gigi. Beberapa makanan yang dinilai memiliki kandungan vitamin K adalah minyak ikan kod, collard green, daging sapi, kale, telur, kubis, mentega, sawi hijau, bit hijau, lobak hijau, paterseli, keju, brokoli, bayam, dan suplemen vitamin K.
  3. Konsumsi juga air yang mengandung pH8. Hal ini untuk menetralisir keasaman yang terdapat pada mulut. Sehingga kerusakan gigi dapat diminimalisir.
  4. Mencoba menterapi diri dengan oil pulling, yaitu, proses mendetoksifikasi mulut dengan sesendok minyak dalam waktu 20 menit. Metode ini dipercaya mampu menyembuhkan masalah gigi, diabetes, sampai sakit kepala.
  5. Salah satu cara merawat gigi berlubang tak makin parah adalah dengan menjadi vegetarian buah-buahan, dimana seseorang secara ekstrem tidak mengonsumsi apapun selain buah. Seorang turis asal Polandi yang tinggal di Indonesia, Tina Suklosa, telah membuktikan hal tersebut. Dia telah menjadi vegetarian buah-buahan selama lima tahun dan tak pernah menggosok giginya, tapi giginya sehat.

Related Posts

Posting Komentar