Panduan Membayar Tiket Kereta Api Online Via ATM Bank CIMB

Posting Komentar
Zaman now, beli tiket kereta api bisa dilakukan secara online. Kita nggak perlu repot-repot datang ke stasiun, hanya untuk mengantri dan mendapati fakta tiket KA yang dipesan sudah habis.

Di HP Android atau IOS, kita cukup pasang aplikasi merchant penjual tiket online, macam Traveloka, Tiket, Bukalapak, KAI Access, dll. Kalau nggak mau memasang aplikasi-aplikasi itu di HP Android / IOS, karena khawatir buang-buang space, ya bisa langsung akses lewat website resminya di browser.

Apapun pilihannya, intinya kita tetap bisa beli tiket kereta api online, ya tho?

Membeli Tiket Kereta Online

Sebelum melakukan pembayaran tiket kereta secara online, tentu kita harus melakukan pemesan tiket terlebih dulu. Nggak sulit kok memesan tiket online. Kamu tinggal membuka aplikasi yang sudah dipasang tadi atau lewat browser. Saya sih lebih suka menggunakan Traveloka.com (nggak promosi loh).

Setelah masuk ke homepage Traveloka.com, silakan kamu pilih tiket kereta api. Kemudian, kamu input tempat stasiun keberangkatan, stasiun tujuan, tanggal keberangkatan, dan terakhir jumlah penumpang. Hal yang WAJIB kamu lakuin adalah mempastikan semua data yang diinput benar. TERAKHIR, kalau semua sudah benar, klik melakukan pembayaran.

Ada beberapa metode pembayaran yang bisa dilakukan untuk membayar tiket kereta api online, yaitu via ATM, minimarket, mobile banking, dll.

Kebetulan tanggal 9 Februari besok saya ada perjalanan keluar kota dengan kereta, jadi bisa dijadikan contoh cara membayar tiket kereta api online via ATM bank CIMB.

Cara Membayar Tiket Kereta Api Online Via ATM Bank CIMB


Saya pakai CIMB, karena emang punyanya ATM itu. Oke, langsung saja ya, saya beberkan tahapan-tahapannya.

Pertama, masukkan kartu ATM ke mesin ATM.


Kedua, masukkan pin ATM seperti biasa, dan tampilan layar ATM akan berubah ke menu utama.


Ketiga, pilih menu pembayaran.


Keempat, pilih menu tiket, nanti kita akan diarahkan langsung ke kode pembayaran dan kode booking tiket, jangan diproses dulu, pilih masuk kode pembayaran dulu. Karena kita akan membayar tiket kereta api Indonesia, maka kita pilih kode "889".


Kelima, kembali ke menu sebelumnya, masukkan kode pembayaran (kode kereta tadi kan "889", jadi masukkan itu) disertai kode untuk membayar tiket (terdiri dari 13 digit angka), setelah itu tekan ok.


Keenam, tekan tabungan.


Ketujuh, kita akan dibawa ke konfirmasi pembayaran, dimana disitu ada keterangan pemesan dan kereta yang dipesan.


Kedelapan, tekan oke, dan kita akan menerima struk pembayaran berhasil dilakukan.

Setelah melakukan pembayaran tiket kereta api, maka kita selanjutnya harus mengecek email untuk memastikan lagi semua data yang diinput benar. Oke, selamat mencoba!

Related Posts

Posting Komentar