Andai Kata Video Kampanye PSI Lebih Bercerita...

Posting Komentar

Saya Grace Natalie Ketua Umum Partai Sosial Indonesia...

Ada yang pernah nonton iklan itu? Saya yakin 99,99% permisah TV pernah menontonnya.

Iklan Apa Sih?

Tiap kali iklan itu tayang, saya mengernyitkan dahi: itu iklan isi dan tujuannya apa ya? Saya coba menebak-nebak. Karena memang nggak punya basic iklan, saya nggak mendapatkan jawaban. Tapi satu hal yang tertanam dalam benak: Grace Natalie adalah Ketua PSI. Sebelumnya saya nggak. Cuman pernah denger selentingan-selentingan berita Grace Natalie dilaporkan oleh siapa gitu.

Pertanyaan saya mendapat jawabannya setelah saya baca artikel Hipwee yang berjudul "Video Kampanye Receh ala PSI: Menebak Apa Alasan di Balik Iklan Kampanye yang Nggak Nyambung Itu". Disitu penulisnya, Darin Rania, mengungkapkan bahwa isi iklan memang nggak nyambung, tapi bagian itu bisa diskip. Itu bukan bagian essensial dan tujuan utamanya. Iklan nggak nyambung itu punya tujuan memperkenalkan Grace Natalie dan PSI (Partai Solidaritas Indonesia).

Makanya, kata-kata yang terpacak di ingatan saya, dan mungkin orang-orang nonton itu ya kata-kata "Saya Grace Natalie Ketua Umum Partai Solidaritas Indonesia..."

Oalah, gitu tho? Saya baru ngeh. Hehehe...

Ice Breaker di Dunia Politik

Sekjen Pergerakan Indonesia Abi Rekso justru menilai apa yang dilakukan Grace Natalie dan PSI merupakan ice breaker untuk menampilkan sisi lain politik. Karena politik tak melulu harus ditampilkan dengan wajah sangar dan gontok-gontokan untuk hal-hal yang tidak diperlukan.

Ya, ini bagus juga sebenarnya.

Andai kata, iklan itu dibuat lebih bercerita, mungkin orang yang menontonnya (termasuk saya) mendapatkan dua manfaat sekaligus: ingat Grace Natalie dan PSI sekaligus terhibur dengan isi iklannya. Kalo iklan yang sekarang kan saya cuma mendapatkan satu hal saja.

Apa pendapat kalian tentang iklan tersebut?

Related Posts

Posting Komentar