Cara Menyimpan Google Maps Menjadi JPG / PDF Beresolusi Tinggi

Posting Komentar
Sejak merambah perangkat mobile pada 2008 silam, Google Maps menjadi sangat popular di kalangan pengguna HP Android dan iOS. Hal ini dikarenakan layanan yang dimiliki aplikasi pemetaan web ini sangat membantu pengguna dalam membuat rencana perjalanan, mencari alamat, dan mengetahui kondisi sebuah tempat melalui street view/panorama 360°.

Di luar itu semua, tahukah kamu, jika Google Maps dapat dimanfaatkan untuk keperluan lainnya. Salah satu contohnya adalah pembuatan peta untuk diletakkan dalam sebuah flyer tempat bisnis kamu.

Jika kamu screenshot begitu saja dari komputer ataupun smartphone, maka kualitas gambar yang dihasilkan hanya sebesar 72 dpi, jadi akan pecah jika diperbesar. Cara menyimpan google maps menjadi jpg bisa kamu gunakan untuk mendapatkan gambar peta Google dengan resolusi gambar yang mumpuni (300 dpi), maka kamu perlu mengikuti langkah-langkah dibawah ini.

  • ‌Buka Google Chome Android. ‌Ketikkan di kolom address www.google.com/maps.
  • ‌Kamu buat peta baru dengan cara klik tombol + di pojok kanan bawah atau klik garis tiga di pojok kiri atas lalu buat peta baru.

  • ‌Kamu pilih di peta lokasi bisnis atau lokasi yang mau kamu manfaatkan untuk kebutuhan  kamu.

  • ‌Klik ikon balon untuk menandai lokasi kamu. Kamu bisa mengubah ikon balon itu dengan ikon dan warna yang lain. Misalnya, ikon rumah makan dan warna ungu, biar lebih jelas. Kamu bisa menyetelnya dengan klik edit (ikon pensil) yang bisa kamu munculkan dengan cara klik ikon balon.

  • ‌Jika sudah siap, setel dulu Chrome menjadi mode situs dekstop dengan mengklik pojok kanan atas, cari dan checklist mode situs dekstop. Setelah itu, kamu klik ikon tiga titik di pojok kanan atas yang berada di dalam box, lalu kamu pilih cetak peta.

  • ‌Silakan diatur mau dibuat dengan ukuran berapa. Disitu juga ada pilihan untuk menyimpan dengan format gambar atau PDF. Tinggal kamu sesuaikan kebutuhan. Terus klik oke.

‌Kamu akan dibawa ke halaman tampilan pracetak. Jika kamu ingin langsung mencetaknya silakan, tapi jika kamu masih ingin mengolahnya silakan simpan halaman tersebut.

Demikian cara download peta Google Maps ke JPG atau PDF, yang bisa saya sampaikan. Terima kasih. Semoga membantu![]

Related Posts

Posting Komentar