Cara melakukan reimbrushment (penggantian uang) bila driver terkena order fiktif Grabfood

Posting Komentar
Driver manapun tentu tidak suka jika mendapatkan order fiktif Grabfood. Sebab, driver akan rugi semua-muanya – waktu, tenaga, dan biaya.

Pihak Grab sendiri memberikan jaminan, jika driver mendapatkan order fiktif food akan diganti 100 persen. Dan makanannya bisa dibawa pulang dan dimakan bersama keluarga.

Baca juga: Cara memperbarui data KTP/NIK driver Grab.

I. Cara reimbrushment order fiktif Grabfood


Jika driver ingin melakukan reimburshment, silakan lakukan langkah-langkah berikut ini.

1. Buka Grab Driver.
2. Tab titik tiga di pojok kanan bawah.
3. Tab bantuan » pusat bantuan.
4. Tab saya ingin mengajukan reimbursement/pergantian uang atau kamu bisa tab langsung di riwayat order food fiktif yang didapatkan.


5. Ada dua opsi. Kamu yang masuk dalam 15 kota besar bisa tab klik disini pada poin pertama, sedangkan kamu yang berada di luar dari 15 kota itu bisa tab klik disini pada poin kedua.


6. Isi formulirnya dengan wilayah operasionalmu, deskripsikan kronologisnya, dan unggah foto struk + foto selfie dirimu sambil memegang makanan yang telah dipesan.
7. Kirim.


II. Hal-hal wajib diperhatikan saat melakukan reimbrushment


  • Pastikan kamu berada di lokasi pengantaran.
  • Hubungi pihak pemesan, baik melalui chat di aplikasi Grab Driver maupun telpon (gratis dan berbayar). Jika dalam kurun waktu 10-15 menit tidak ada balasan atau pemesan tidak muncul, kamu sebaiknya bersiap-siap sebab itu tanda bahwa order yang kamu jalankan adalah order fiktif bin palsu.
  • Telpon CS (customer service) Grab, dan silakan ceritakan kronologisnya. Pihak CS pasti akan mengarahkan driver untuk menyelesaikan order, lalu melakukan laporan.
  • Pertanyaannya: bagaimana jika pihak CS Grab sulit dihubungi? Kamu coba terus sampai berhasil, tapi kira-kira 10-15 menit tidak terhubung, maka selesaikan saja orderan tersebut dan buat laporan.

Baca juga: Cara mengatasi maps blank di aplikasi Grab Driver.

III. Catatan dari pengalamanku! 


Berdasarkan pengalamanku, laporan meminta rembes akan langsung ditanggapi oleh pihak Grab Support yang masuk ke email yang terdaftar di server. Penggantian akan dilakukan dalam waktu 1 x 24 jam. Jadi, misal kamu lapor jam 5 sore, maka kemungkinan uang penggantian akan masuk jam 5 sore esok hari. Tidak hanya itu, Grab juga akan membayar full ongkir dan diamond yang sudah seharusnya diterima driver. Tapi, ingat ya, hal ini jangan dibuat main-main. Misalnya, makanan sudah diantar ke pemesan, tapi kamu malah buat laporan dengan maksud mendapat uang penggantian.

Oiya satu hal lagi, walaupun Grab menjamin akan mengganti full semua harga makanan dan ongkirnya, kamu sebaiknya tetap berhati-hati dalam menjalankan order food.  Bukan apa-apa, jika harga order fiktif food masih diambang batas toleransi mungkin kamu masih bisa menahan emosi di lapangan. Tapi, jika harganya diluar ambang batas toleransimu, siap-siap panik dan stres ya. Karena, aku pernah lihat di Facebook Komunitas Grabbike Jabodetabek bahwa mitra driver Grab pernah kena order fiktif food sekitar 500-600k. Padahal, duit itu terpakai untuk kebutuhan sehari-hari juga. Kan bikin panik dan stres itu.

Oke segitu saja artikel cara mengajukan reimburshment dari order fiktif food. Tetap berhati-hati dan semangat ya. Semoga bermanfaat!

Related Posts

Posting Komentar