Pengalaman Pasang Regulator Gas LPG Berujung Rusak!!!

Posting Komentar

Apa ada diantara teman-teman, baik cowok ataupun cewek, yang nggak bisa pasang regulator gas LPG? Sebenarnya cara memasang regulator gas LPG itu gampang banget, asalkan, tahu teorinya.

Ini ada cerita saya tentang pengalaman pasang gas.

Cerita Pengalaman Pribadi Saya Pasang Gas LPG Yang Berujung Rusak


Sekitar tahun 2009, waktu masih single, saya dimintai tolong ibu untuk memasang regulator gas. Dalam keseharian, saya sama sekali tak pernah pasang gas. Ketiadaan bapak, karena bapak kerja di luar kota, membuat ibu memberi tugas kepada saya.

Jujur saja, saya takut bercampur bingung. Bagaimana tidak? Saya belum pernah menyentuh dua benda itu, gas dan regulatornya. Lebih-lebih, tahun segitu banyak berita tentang meledaknya tabung gas 3 kg. Saya bergidik membayangkannya.

Tapi, sebagai satu-satunya cowok yang ada di rumah, nyali saya diuji. Jika saya menolak, pasti ibu saya akan mencemooh saya.

"Cowok macam apa kamu ini? Pasang regulator gas saja nggak bisa! Lemah!" demikian bayangan cemoohan ibu.

Mau tak mau saya memberanikan diri. Mengendurkan kunci regulator untuk melepas regulator dari kepala tabung gas. Kemudian mengambil tabung gas baru, menancapkan regulator gas, dan menguncinya kembali.

Semudah itu? Nyata tidak.

Begitu saya mengunci regulator, kompor tidak mau dinyalakan. Saya hanya berani mencoba nyalakan kompor sekali. Bayangan saya, pasti terjadi kebocoran. Sikap saya pun berubah protektif dengan mencopot kembali regulator gas.

Sialnya, saya memutar kunci regulator terlalu keras, sehingga saya merusaknya. Kesel!

Pada akhirnya saya pun membeli regulator gas baru. Yang lama dibuang saja. Juga saya tidak mau memasangnya takut rusak lagi. Ibu meminta tolong tetangga untuk memasangkan gas.

Sejak itu, saya pun enggan memasang regulator gas LPG lagi. Bahkan setelah saya menikah dan punya anak.

Bisa dibilang saya cukup beruntung, karena istri saya bisa memasang gas sendiri.

Cerita teman saya lain lagi. Dia dan istrinya sama-sama tidak bisa pasang gas. Jika gas di rumah habis, dia akan menghubungi mertuanya untuk minta dipasangkan. Kocak banget saya mendengar ceritanya.

Belajar Pasang Gas Dari Teman


Dan sekarang, saya sudah bisa memasang gas sendiri. Belajar dari teman. Dia sudah terlatih membantu orangtuanya memasang gas, karena di rumahnya jual gorengan.

Cara memasang gas itu mudah. Ikuti petunjuk dari saya ya, khusus yang belum bisa.


  1. Copot regulator dari tabung gas yang sudah habis isinya.
  2. Beli gas di warung.
  3. Copot segel tabung gas baru dibeli.
  4. Tegakkan 90° regulator dengan kepala tabung gas.
  5. Tekan dengan telapak tangan. Jangan terlalu keras.
  6. Putar kunci pengaman regulator gas.
  7. Dengarkan baik-baik, apakah ada suara ngeses terdengar.
  8. Jika tidak ada, coba nyalakan kompor.
  9. Sebaliknya bila terdengar suara ngeses, ulangi langkah 1 sampai 8.


Alhamdulillah, setelah menerapkan langkah-langkah diatas, saya jadi bisa memasang regulator gas sendiri. Semoga tidak terjadi apa-apa ya.[]

Related Posts

Posting Komentar