Cara Membobol Fitur Penguncian Sidik Jari Whatsapp

Posting Komentar
Bagaimana perasaanmu kala mengetahui pesan obrolanmu di Whatsapp dibaca orang yang tidak berkepentingan? Aku yakin pasti ada perasaan kesal yang mendadak muncul dari dalam dirimu.

Tapi tenanglah. Kamu tidak perlu mencak-mencak. Yang perlu kamu lakukan adalah mengaktifkan fitur penguncian sidik jari (fingerprint lock) di aplikasi WA-mu.

Fingerprint lock sendiri hadir secara resmi di Whatsapp sejak awal November 2019. Dimana fitur ini memberikan keamanan ekstra kepada pengguna WA agar aplikasi Whatsapp tidak bisa dibuka begitu saja oleh orang lain.

Syaratnya satu: HP memiliki perangkat sensor sidik jari.


Namun, selain memberikan keamanan ekstra, rupanya fitur ini juga bisa menjadi masalah kalau perangkat sensor sidik jari HP rusak – bisa faktor usia HP, bisa faktor HP terjatuh, dll. Dalam kondisi seperti itu, pengguna juga takkan bisa masuk ke akun WA-nya sendiri.

Lalu, apakah ada solusi dari permasalahan itu?

Berdasarkan uji cobaku, teman-teman bisa mencoba salah satu dari tiga cara berikut ini untuk “membobol” fitur fingerprint WA, tak perlu aplikasi tambahan apapun.

A. Hapus pengaturan sidik jari HP


1. Bukalah pengaturan HP-mu, lalu carilah pengaturan sidik jari (tiap HP biasanya beda-beda, tergantung merek/tipe/OS-nya). Dalam contoh disini, aku memakai Samsung A50. Jadi, di pengaturan HP, aku masuk ke “Biometrik dan Keamanan”.


2. Terus pilihlah “Sidik Jari”.


3. Di dalam pengaturan “Sidik Jari”, silakan kamu tab sidik jari 1.


4. Terus kamu hapus deh pengaturan sidik jari 1 tersebut.


5. Selesai, pengaturan penguncian sidik jari di aplikasi Whatsapp-mu sudah terhapus.

B. Hapus data aplikasi Whatsapp


1. Bukalah pengaturan HP-mu, lalu cari aplikasi terpasang (sama seperti sebelumnya, letaknya berbeda-beda berdasarkan merek/tipe/OS HP). Pada pengaturan HP-ku, aku hanya perlu membuka pengaturan, lalu pilih “Aplikasi”.


2. Cari aplikasi Whatsapp. Cara cepatnya bisa mengetikkan Whatsapp di kolom pencarian.


3. Di aplikasi Whatsapp-nya, kamu tekan menu “Penyimpanan”.


4. Kemudian, hapus data aplikasi Whatsapp-mu. Perlu diketahui, sebelum menghapus data, kamu harus memastikan punya data backup dari akun Whatsapp-mu. Hal ini demi menghindari hilangnya data saat masuk kembali ke akun Whatsapp-mu.


5. Setelah data Whatsapp terhapus, kamu bisa membuka lagi aplikasi Whatsapp untuk login. Nah disinilah letak pentingnya data backup-an biar chat-chat-mu kembali seperti semula.

C. Lepas dan pasang Whatsapp


1. Bukalah Google Playstore, dan carilah aplikasi Whatsapp di kolom pencarian. Jika sudah ketemu, kamu bisa langsung melepasnya (meng-uninstall). Sama seperti cara kedua, pada cara ketiga kamu juga memerlukan data backup-an untuk mengembalikan riwayat chat-mu nanti. Tunggu hingga prosesnya selesai.

2. Jika Whatsapp sudah terlepas, kamu bisa memasangnya lagi. Setelah itu, kamu bisa membukanya untuk melakukan login dan pengembalian data.

Dari ketiga cara diatas, menurutku, cara pertama jauh lebih simpel dibandingkan dua cara lainnya. Jadi, saranku, kalau kamu menghadapi permasalahan ini coba dulu cara pertama ya. Kalau tidak bisa baru gunakan cara kedua atau cara ketiga.

Nah itulah cara “menerobos” masuk ke akun Whatsapp yang aktif fitur fingerprint-nya. Mudah-mudahan cara ini membantumu mengatasi masalah masu dengan sensor sidik jari HP-mu. Selamat mencoba!

Related Posts

Posting Komentar