Sinopsis Film Orange County (2002) – Cerita Pendidikan Berbalut Komedi

Posting Komentar
Sinopsis Film Orange County (2002) – Cerita Pendidikan Berbalut Komedi

Setiap remaja yang hendak lulus SMA tentu akan merasakan kegamangan terhadap masa depannya yang masih "gelap". Hal itu membuat mereka enggan melangkah keluar dari "gerbang" yang telah memberikan kenyamanan selama tiga tahun terakhir tersebut.

Akan tetapi, tak seorang pun mampu menghentikan semua proses itu. Sehingga pada akhirnya, mereka terpaksa melangkah keluar dari "gerbang" tersebut, mencari masa depan mereka sendiri-sendiri.

Ide cerita yang berhubungan dengan kegamangan para remaja yang mau lulus sekolah itu kemudian dituangkan Mike White, seorang penulis skenario film, ke dalam wujud sebuah naskah. Jake Kasdan yang ditugaskan sebagai sutradara kemudian mengeksekusi naskah ini dengan mengubah formatnya menjadi film audio-visual berjudul Orange County (2002).

Sinopsis Orange County (2002)

Film Orange County menceritakan tentang Shaun Brumder (Colin Hanks) yang mengalami kegamangan akan nasibnya di masa depan selulusnya dari SMA nanti. Kegamangannya bertambah ketika sahabatnya, Lonny, meninggal dunia akibat kecelakaan sewaktu bermain surfing.

Suatu hari, ketika tengah memikirkan nasibnya di masa depan, Shaun menemukan novel karya Marcus Skinner di pantai. Setelah membacanya, untuk pertama kalinya, dia memiliki tujuan hidup yang jelas, menjadi seorang penulis.

Demi mewujudkan hal tersebut, Shaun ingin berkuliah jurusan sastra Inggris di Universitas Stanford. Karena dia ingin belajar secara langsung dari Marcus Skinner yang menjadi salah satu dosen di jurusan tersebut.

Shaun kemudian belajar mati-matian untuk meningkatkan nilai mata pelajarannya. Hasilnya tidak sia-sia. Dia berhasil meraih nilai paling tinggi di kelasnya.

Shaun pun yakin dapat diterima di Stanford University dengan bekal prestasi akademik. Tapi sial baginya, bu guru Cobb (Lily Tomlin) salah memasukkan transkrip nilai ke dalam berkas formulir milik Shaun yang dikirimkan ke Stanford. Alhasil, Shaun dinyatakan tidak lolos ke Stanford.

Shaun tidak tinggal diam. Dia meminta bantuan beberapa orang, seperti bapaknya, Bud (John Litglow), pacarnya, Ashley (Schuyler Fisk), dan abangnya, Lance (Jack Black), yang sedikit "gila" untuk memberikan transkrip nilai miliknya secara langsung ke Don Durkett (Harold Ramis) yang menjabat sebagai Direktur Penerimaan Mahasiswa Baru di Stanford.

Komentar Terhadap Film Orange County

Orange County merupakan film bertema pendidikan berbalut komedi. Saking kocaknya, kita tak akan merasa digurui dalam menangkap pesan positif yang ada di film ini, terkaburkan oleh aksi kocak para pemainnya, termasuk Jack Black.

Ada banyak pesan positif yang terdapat di film ini. Salah satu pesan itu disampaikan melalui sosok Skinner kepada Shaun ketika mereka bertemu di bagian akhir film.

Film ini cocok ditonton semua orang atau siapa saja yang tengah dilanda kegamangan akan nasibnya di masa depan setelah lulus sekolah.

Related Posts

Posting Komentar