Cara Menyalakan HP & Men-screen-shot Layar Tanpa Tombol Power

Posting Komentar
Ketika sedang asyik men-screen-shot layar HP tiba-tiba tombol power mendem. Sial! Tentu saya kebingungan. Mana belum punya duit untuk memperbaikinya? Ha, klasik.

Pertanyaan saya adalah bagaimana jika menyalakan HP saya yang mati (kehabisan baterai) tanpa tombol power?

Tombol power adalah salah satu bagian vital yang ada di HP. Tanpanya kita akan kesulitan menyalakan HP, men-screen-shot layar, masuk ke menu recovery, dan lain sebagainya.

Tapi ternyata, setelah ngulik sana-sini, tanpa tombol power pun kita bisa menyalakan HP, men-screen-shot layar, masuk ke menu recovery, dan yang berhubungan dengan fitur yang dimiliki tombol power. Bagaimana caranya?

Karena HP saya bermerek Samsung SM-G7102, maka saya cukup menyalakannya (jika kehabisan baterai) dengan menusukkan charger dan menekan tombol volume atas atau volume bawah.

Jika menekan tombol volume atas, maka saya akan masuk ke menu recovery. Dalam kasus saya, karena HP Samsung dalam keadaan root dan sudah terpasang TWRP, maka menu recoverynya adalah menu TWRP. Saya langsung menekan tombol reboot, lalu menekan tombol system. Dan nyala-lah HP saya.


Jika menekan tombol volume bawah, maka saya masuk ke menu download (Odin). Setelah muncul, langsung pilih cancel dengan cara menekan tombol volume bawah lagi. Dan nyala-lah HP.

Cara diatas dimiliki oleh semua HP. Saya mengetes dengan tablet Lenovo A3300GV dan Vivo V5. Hanya saja, kedua HP yang saya sebutkan barusan cuman bisa dinyalakan dengan memasukkan charger dan menekan tombol volume atas.

Pertanyaan kedua yang masih belum terjawab adalah cara men-screen-shot layar HP tanpa tombol power?

Solusi untuk masalah ini juga gampang. Tinggal unduh aplikasi Penangkap Layar atau aplikasi sejenis dari Playstore. Setting sedikit, dan kita bisa mengambil gambar layar dengan mudah.

Itulah cara saya menyalakan HP tanpa tombol power dan men-screen-shot layar tanpa tombol power. Saya ngulik semua dari internet loh. Semoga bermanfaat ya guys!

Related Posts

Posting Komentar