7 Jurus Hemat Paket Data Internet Smartphone Android

Posting Komentar
Zaman sekarang, paket data internet sudah menjadi hal penting dalam kehidupan sehari-hari. Tak bisa dipungkiri, tanpa internet hidup terasa garing. Itulah kenapa para pengguna smartphone Android harus bijak memanfaatkan paket data internet dengan melakukan penghematan di segala aspek.


Jurus Hemat Paket Data Internet Smartphone Android


Apa yang saya sajikan dalam 8 tips dibawah ini didasarkan pada pengalaman sendiri selama memakai smartphone Android.

1. Jangan Biarkan Aplikasi Google Playstore Terupdate Secara Otomatis

Anda masuk kategori pengguna smartphone Android miskin kuota, seperti saya? Jika iya, sangat disarankan untuk tidak mengizinkan aplikasi update otomatis di Google Playstore, baik melalui WiFi maupun paket data sendiri.

Ingin mengupdate aplikasi? Lakukan saja secara manual. Toh, tidak semua aplikasi perlu diupdate.

2. Nonaktifkan Fitur Sinkronisasi Otomatis

Fitur sinkronisasi bertugas menyesuaikan antara server aplikasi dengan smartphone Android kita. Jika fitur ini diaktifkan, smartphone secara otomatis mendapat push notifikasi dari aplikasi. Jelas akan memotong paket data internet.

Untuk menghemat data internet, wajib hukumnya untuk menonaktifkan fitur sinkronisasi otomatis ini. Lakukan secara manual saja untuk mendapat push notifikasi dengan cara membuka aplikasinya.

3. Nonaktifkan Atau Hapus Aplikasi Cuaca

Aplikasi cuaca termasuk aplikasi bloatware yang fungsi utamanya menampilkan keadaan cuaca sesuai GPS smartphone, secara otomatis. Untuk memuktahirkan informasi cuaca, aplikasi ini akan mengakses internet.

Keberadaan aplikasi ini penting tidak penting. Kalau Anda tidak membutuhkannya sebaiknya dinonaktifkan saja. Smartphone sudah root bisa menghapus aplikasi ini. Karena smartphone saya sudah diroot, makanya aplikasi tak begitu penting ini sudah saya libas tak bersisa.

4. Aktifkan Fitur Data Saver Di Browser

Para peseluncur maya, macam saya ini, sebaiknya mengaktifkan fitur data saver di aplikasi browser. Sekarang fitur ini terdapat di semua aplikasi browser. Fitur satu ini sanggup menekan konsumsi hingga 50 persen kuota internet yang digunakan.

5. Batasi Pemakaian Kuota Internet di Latar Belakang

Jika tidak dibatasi, aplikasi yang berjalan di latar belakang akan tetap bisa mengakses internet. Karena itu, Anda harus membatasi pemakaiannya, sehingga paket data internet tetap terkendali.

6. Batasi Pemakaian Paket Data Tiap Aplikasi

Sebelum membatasi pemakaian paket data tiap aplikasi, identifikasi dulu aplikasi paling menguras data internet. Buka pengaturan smartphone, cari Penggunaan Data. Lalu? Jika sudah mengetahui hal ini, ada dua hal yang bisa dilakukan.

Pertama, uninstal aplikasi paling menyedot paket data dan ganti dengan aplikasi lain. Misalnya mengganti aplikasi Facebook dengan aplikasi Facebook Lite yang lebih irit kuota.

Kedua, membatasi penggunaan kuota di setelan aplikasi smartphone. Beberapa smartphone kekinian sudah terdapat fitur pembatasan akses internet. Seperti di smartphone Xiaomi Redmi 5A, misalnya.   

7. Jangan Tonton Video Kualitas Tinggi

Para penikmat video online pasti setuju untuk tidak menonton video dengan kualitas gambar tinggi. Setel saja kualitas sedang atau bahkan kualitas low. Saya masih tetap bisa menikmati video yang tersaji di layar smartphone kok.

Bahkan, jika diperlukan, pasang aplikasi Youtube Go di smartphone. Kemudian unduh video dengan kualitas yang diinginkan. Saya biasanya mengunduh video musik, sehingga bisa disetel berulang-ulang.

Itulah jurus dalam menghemat paket data internet smartphone yang biasa saya lakukan. Semoga bermanfaat buat para pembaca sekalian. []

Related Posts

Posting Komentar