Cara Mengetahui Jumlah Slot Ram Laptop Tanpa Bongkar di Linux Ubuntu

Posting Komentar
Kamu ada rencana buat nambah ram laptop? Tetapi, di sisi lain, kamu bertanya-tanya: apakah ram laptopmu bisa diupgrade (ditambah)?

Ada dua cara mengetahui jumlah slot ram laptopmu. Yang pertama, kamu harus membongkar body – baik itu keseluruhan atau hanya bagian tertentu saja. Yang kedua, kamu bisa memeriksanya dari OS komputer yang digunakan (Windows/Linux).


Di artikel kali ini, aku akan menjelentrehkan cara mengetahui slot ram laptop tanpa bongkar di Ubuntu (Linux) secara mudah! Jom, ikuti langkah-langkah berikut ini!

1. Buka terminal, lalu ketikkan kode perintah: “# dmidecode -t memory | grep Size” (tanpa tanda petik).


2. Tinggal kamu lihat hasilnya di terminal. Jika terdapat tulisan “Size: No Module Installed” (tanpa tanda petik), maka slot ram kosong. Dan jika muncul tulisan “Size: 4096 MB” atau “Size: 2048 MB”, maka slot ram sudah terisi.


3. Disini, tampak laptopku punya empat slot ram. Tetapi, saat ini, hanya satu slot ram saja yang terpasang. Ramnya yang terpasang berkapasitas 2048 MB (2 GB).

Oke, itulah cara cek slot ram laptop tanpa bongkar di Ubuntu – sepertinya Ubuntu all version dan turunannya, tapi itu hanya tebakanku karena aku hanya mencobanya di Ubuntu 16.04 lts. Selanjutnya, selamat mencoba ya!

Related Posts

Posting Komentar