Cas HP Asus Max Pro M1 Lama, Ini yang Bisa Kamu Lakukan Buat Mengatasinya

Posting Komentar
Kamu punya Asus Zenfone Max Pro M1, dan sedang menghadapi problem yaitu ngecasnya lama. Tenang, kamu nggak sendirian. Ada banyak orang di luaran sana yang mengalami hal seperti itu juga, termasuk aku.

Umumnya, hp ini (dengan kapasitas tampung baterai 5000mAh) bisa dicas dengan waktu normal sekitar 100 menit. Berhubung bermasalah, ada pemilik hp ini yang bisa ngecas lebih lama dari waktu normal tersebut.

Kenapa bisa begitu? Ada banyak penyebabnya, tapi kudu dibongkar untuk mengetahui detail pastinya. Dan pembongkaran wajib dilakukan sama ahlinya.

Sebelum itu, kamu bisa melakukan beberapa hal berikut buat mengatasi Asus Zenfone Max Pro M1 yang lama kalau dicas. Mau tahu, ya baca ajalah!

HP Asus Max Pro M1 lama kalau dicas

Cek Kepala Charger

Pastikan jika charger yang kamu gunakan di Zenfone Max-mu tidak bermasalah. Mungkin saja, charger tersebut rusak. Kamu bisa menjajal pakai charger lain. Jika proses pengisian baterai masih lama, ya berarti bukan perkara charger.

Oiya, kamu juga bisa memakai charger dengan daya isi yang lebih cepat (quick charger). Ini untuk mempercepat proses pengisian baterai.

Tutup Aplikasi yang Dirasa Memboroskan Baterai

Silakan cek di pengaturan Asus-mu, adakah aplikasi-aplikasi yang membuat baterai menjadi boros. Untuk caranya, buka "Pengaturan" >> pilih "Baterai" >> tab "titik tiga kanan atas" >> pilih "Penggunaan Baterai".

Nah disitu kamu akan tahu secara detail aplikasi apa saja yang membuat boros baterai dan mengganggu kinerja hp-mu.

Cas HP dalam Keadaan Di-off-kan

Kamu tipe pemilik Max Pro M1 yang suka ngecas hp dalam kondisi menyala? Jika iya, cobalah meng-off-kan hp-mu, kemudian cas.

Umumnya, hp yang dicas dalam keadaan on proses pengisiannya juga lama. Ini karena hp tersebut masih menjalankan banyak aplikasi. Belum lagi mencari sinyal, dll. Dengan begitu, hp berada dalam keadaan terbaik buat dicas.

Reboot Asus-mu

Reboot, atau lebih dikenal dengan restart, merupakan upaya pemilik hp agar hp-nya mendapatkan kembali performa terbaik. Aplikasi-aplikasi yang tadinya masih berjalan dibackground akan ditutup secara paksa oleh sistem. Dan, pada beberapa kasus bisa "menormalkan" problem ngecas Max Pro lama.

Update Versi OS Android Lebih Tinggi

Ada kemungkinan versi OS Max Pro M1 yang kamu pakai memiliki bug. Namanya juga buatan manusia, ya tho?
Bug ini akan diatasi pihak developer vendor pada update berikutnya. Nah, kalau ada update-an OS, ya, kamu sebaiknya mengupdatenya.

Kalau memang belum, atau mungkin tidak ada, kamu bisa mempertimbangkan untuk menggunakan OS custom ROM. Karena, salah satu keunggulan custom ROM adalah daya tahan baterainya. Namun, untuk melakukan update custom ROM, kamu memerlukan sedikit pengetahuan oprek dan nyali, hehehe.

Tapi, kamu lakukan hal ini jika semua cara yang sudah dijelentrehkan di atas tidak berhasil. Jadi update versi ROM official / custom dijadikan langkah terakhir.

Kunjungi Tukang Service / Jual Saja

Semua sudah kamu lakukan, tapi Asus Zenfone Max Pro M1 punyamu masih tetap lama kalau dicas? Waduh, itu tanda-tanda bahaya. Pilihannya hanya dua: kamu obatin (ke service center boleh, ke tukang service hp terdekat boleh, asal jangan ke tukang jamu aja ya, hehe) atau kamu jual (mendingan ganti hp saja).

Related Posts

Posting Komentar