[Solved] Pengalaman Mengatasi Keypad (Tombol) Token Listrik Tidak Berfungsi

2 komentar
Hai teman-teman, pernahkah keypad (tombol) angka-angka yang terdapat di meteran listrik (token) rumah mengalami disfungsi?

Aku pernah. Kejadiannya baru kemarin siang.

Pengalamanku mengatasi keypad (tombol) token listrik bermasalah (tidak berfungsi normal)

Kronologis


Disfungsi keypad ini aku ketahui waktu mau isi ulang kwh listik. Pas pencet tombol angka “3, 6, 9, dan Enter” tidak terjadi respons apapun. Maksudnya, tak ada bunyi ataupun perubahan di layar meteran.

Sontak aku panik. Sebab, kwh di meteran listrik tinggal nol koma sekian.

Aku hubungi dong pihak pemilik kontrakan (maklum kontraktor, hehehe). Mereka malah memberikan nomor petugas pencatat PLN. Haduh?

Ya mau tak mau aku telpon bapak petugas itu, dan menjelaskan situasinya. Dan bapak petugas menyarankanku untuk menelpon pihak PLN melalui nomor telpon (021-123). Beliau memintaku mengadukan kondisiku ke pihak PLN, blablabla, sehingga pengaduanku akan dibuat laporan untuk kemudian ditindaklanjuti petugas PLN di lapangan yang mengurusi kasus meteran rusak.

Aku pun menelpon pihak CS PLN, dan mengadukan kondisi meteran (token) listrik rumah kontrakan yang kutinggali. Pihak CS kemudian menanyakan detail tentang nomor meteran, alamat, dan nomor telpon yang bisa dihubungi. CS menerangkan bahwa pengaduanku akan ditindaklanjuti dalam waktu 3 jam (maksimal).

Yah, aku harus mau menunggu selama itu. Walaupun kwh listrik sudah sekarat.

Selang 2-2,5 jam berikutnya, petugas PLN yang ditugasi memeriksa meteran listrik datang. Dalam pandangan saya, mereka tampak seperti pahlawan (aish, lebayyy euy). Dalam waktu 10-15 menit, salah seorang dari mereka memperbaiki meteran, dan menyatakan bahwa meteran rumahku rusak. Perlu diganti. Tapi tidak langsung. Jadi listrik rumah di-loss dulu.

Besok, atau entah kapan, akan ada petugas PLN lain yang datang membawakan meteran listrik baru. Menggantikan meteran yang lama. Kata petugas PLN satunya, dan memberikanku salinan surat Laporan Gangguan.

Surat laporan pengaduan PLN didapat dari pengalamanku mengatasi keypad (tombol) token listrik bermasalah (tidak berfungsi normal)

Sampai disini kasus tombol token Listrik tidak bisa dipencet berhasil diselesaikan. Nah, aku tinggal menunggu meteran listrik di rumah kontrakanku diganti oleh petugas PLN lainnya di hari lain.

Ringkasan Mengatasi Meteran Listrik Token Bermasalah


Bingung sama cerita kronologis yang kutulis di atas. Baik, aku akan berikan ringkasannya. Silakan dibaca!
  1. Kamu mengetahui jika meteran listrik token rumah sedang bermasalah.
  2. Telpon CS PLN via nomer (021)-123. Adukan keluhanmu secara detail. Jangan siapkan nomer meteran, alamat, dan nomer telponmu yang bisa dihubungi (jadi bisa langsung jawab pas ditanya).
  3. Menunggu petugas PLN pemeriksanya datang.
  4. Saat datang petugas PLN akan coba memperbaikinya, kalau bisa. Kalau tidak, mereka akan me-loss-kan listrik supaya rumahmu tetap mendapat pasokan listrik. Kamu akan diberi salinan surat Laporan Gangguan.
  5. Menunggu petugas PLN lain di hari berbeda untuk mengganti unit meteran.
  6. Setelah selesai, pelanggan memberikan surat Laporan Gangguan ke petugas.
  7. Selesai.

Penyebab Meteran Listrik Error & Tips Menjaganya


Katanya canggih dan pintar, tapi kenapa meteran listrik bisa error? Yah, namanya juga alat buatan manusia, tentu bisa error dan rusak, ya tho?

Menurut informasi yang kudapatkan di internet, ada banyak hal yang menyebabkan meteran listrik bisa error.

Untuk kasusku, kayaknya, disebabkan sama serangga (semut). Yuph, setelah mencermati secara seksama, meteran listrikku dirubung semut. Tampaknya, mereka menjadikan meteran rumahku sebagai sarangnya. Jadi tips menjaganya, ya, aku kudu menggambar di sekeliling meteran memakai kapur ajaib agar semut-semut kecil ini tidak merubung lagi.

Dan buat teman-teman, yang rumahnya tidak ngontrak lagi, aku sarankan untuk memberikan wadah meterannya. Tujuannya supaya meteran tidak terpapar sinar matahari langsung sehingga body-nya merapuh.

Oke segitu dulu postinganku tentang pengalaman mengatasi meteran listrik (token) yang keypadnya tidak berfungsi. Cara ini cukup jitu dalam menyelesaikan masalah tersebut, meski menunggu kudu beberapa jam. Kalau di aku bisa, berarti di teman-teman (yang mengalami masalah serupa) harusnya juga bisa. Semoga bermanfaat!

Update: Hari ini (14/9/2020) petugas PLN yang mengganti meteran listrik datang. Semua gratis, tidak ada biaya sepeser pun. Terus token kwh yang sempat kubeli kemarin akan dikembalikan dalam waktu 5 hari kerja, dan masuk ke nomorku yang bisa dihubungi.

Related Posts

2 komentar

  1. Bayar berapa kak belutin token listriknya... Karna punyaku sama tp takut bayarnya mahal...

    BalasHapus

Posting Komentar