Hurray, Template Modifikasiku #1 Sudah Ready

Posting Komentar
Setelah melalui beberapa minggu yang panjang, akhirnya aku berhasil menyelesaikan modifikasi template yang pertama. Yeay!

Ini kali pertama aku bisa memodifikasi template sejak ngeblog beberapa abad yang lalu. Pfft... Kesannya aku sudah jadi fosil ya? Aku menertawakan diriku sendiri yang terlalu bodoh memahami kodingan template blogspot. Padahal, tidak sesulit yang kupikirkan.

Andai kata, dulu, aku belajar pelan-pelan dan tertata dari dasar, mungkin sekarang aku sudah casciscus ngoding. Tapi, yah begitulah.

Untuk memodifikasi template blogspot ternyata dibutuhkan dua, hmm mungkin tiga skill, yaitu dasar CSS, HTML, sama Javascript (JS). Untuk JS, memang agak lebih sulit dibanding CSS sama HTML, jadi bisa belajar belakangan. Toh, sebisa mungkin aku menghindari penggunaan JS dalam template meskipun mau tidak mau harus dibenamkan.

Oiya, template pertama yang kumodifikasi ini berasal dari template Speedup buatan Bamz yang kubeli tahun 2014/15 (lupa pastinya). Aku mengganti template itu beberapa waktu lalu karena template ini sudah terlalu usang, karena masih menitikberatkan pada tampilan dekstop. Sedangkan Google maunya sudah mobile friendly.

Template blog Speedup sebelum dimodifikasi

Memang sih masih belum sempurna, tapi sudah lumayan bagus, menurutku. Buatku template blog nggak usah yang aneh-aneh yang penting nggak ada peringatan di search console, ya, sudah cukup.

Template blog Speedup sesudah dimodifikasi

Kalau kalian mau lihat demo tampilannya, bisa klik / tab tautlink berikut ini.

Related Posts

Posting Komentar