Cara Menyimpan Foto Sekali Lihat di WA untuk HP Root dan Non-Root (Update 2023)

Posting Komentar

Sejak beberapa waktu lalu, foto sekali lihat Whatsapp tidak bisa di screenshot lagi. Hal ini tentu merepotkan bagi mereka yang ingin melihatnya kembali atau menyimpannya di hp. Apakah ada cara menyimpan foto sekali lihat di WA yang bisa dilakukan?

Ilustrasi Cara simpan foto sekali lihat di WA

Sebelum menjawab pertanyaan trsbt, ada hal yang harus teman-teman ketahui yaitu: sebenarnya, foto sekali lihat Whatsapp tersimpan dimana sih? Pada dasarnya, foto sekali lihat itu tidak langsung hilang ketika dibuka. Foto ini tersimpan di file sistem, tepatnya di folder ViewOnce.

Folder ini bisa dibuka apabila teman-teman memiliki akses root. Sebagaimana diketahui, akses root dapat membuka file sistem di hp Android. Tapi, apabila teman-teman tidak ingin root hp, ada cara melihat kembali foto sekali lihat di WA lainnya, yaitu: memasang aplikasi Whatsapp mod.

A. Cara Melihat Ulang Foto Sekali Lihat di WA dengan Aplikasi Whatsapp Mod

  1. Memasang aplikasi Whatsapp mod di hp kamu.
  2. Apabila sudah terpasang, kamu buka saja seperti biasa. Kemudian, di halaman beranda, kamu tap Pengaturan.
  3. Kamu tap Preference MB (tergantung nama modnya), kemudian tap Privasi dan Keamanan.
  4. Tap tombol fitur Anti-Tampilan Sekali untuk mengaktifkannya.
  5. Selesai. Mulai saat ini, kamu bisa melihat foto sekali lihat berulang kali tanpa batas.

B. Cara Melihat Ulang Foto Sekali Lihat di WA dengan Root HP

Teman-teman perlu melakukan root hp lebih dulu untuk bisa menerapkan cara melihat lagi foto sekali lihat Whatsapp yang kedua ini. Disini, aku takkan menyertakan cara me-root hp. Tapi teman-teman bisa membaca artikel cara root hp dulu yang ada di blog ini. Sebab, proses root hp ini memakan waktu yang panjang dan berbeda-beda. Ada yang mudah, ada yang sulit.

1. Cara Melihat Kembali Foto Sekali Lihat di WA dengan Root HP

  1. Setelah hp dalam kondisi root, teman-teman bisa langsung memasang File Manager Plus. Aplikasi ini sama seperti File Manager bawaan hp. Bedanya, File Manager Plus bisa membuka file sistem jika hp sudah di-root. 
  2. Selanjutnya, teman-teman buka aplikasinya. Tap ikon garis tiga yang terletak di kiri atas.
  3. Tap menu Sistem, kemudian tap folder data_mirror.
  4. Tap folder data_ce, kemudian tap folder null.
  5. Tap folder 0, kemudian tap folder com.whatsapp.
  6. Tab folder files, kemudian gulir layar ke bawah sampai menemukan folder ViewOnce. Tap folder trsbt, dan teman-teman akan menemukan foto sekali lihat WA yang ingin dilihat lagi.

2. Cara Simpan Foto Sekali Lihat di WA dengan Root HP

  1. Setelah tadi menemukan folder ViewOnce, teman-teman bisa simpan foto sekali lihat dengan cara memindahkannya ke folder lain.
  2. Tap dan tahan beberapa detik foto yang mau disimpan hingga muncul opsi untuk memindahkanya. Kemudian, kamu langsung pindahkan saja ke folder Download supaya mudah untuk melihatnya kembali.

***

Nah, itulah cara menyimpan foto sekali lihat di WA pada era metode screenshot dan rekam layar sudah tidak dapat dilakukan lagi. Sekarang tergantung teman-teman mau memakai cara yang mana: root atau non-root. Oke, selamat memilih ya.

Related Posts

Posting Komentar