Reboot VS Restart HP: Keduanya Sama Atau Berbeda?

Posting Komentar

Bagi sebagian orang, istilah reboot dan restart hp itu sering membingungkan. Hal ini dikarenakan perbedaan pendapat diantara orang-orang. Ada yang bilang sama. Ada yang bilang berbeda. Mana yang benar?

Ilustrasi reboot vs restart hp

Kedua istilah ini – baik itu restart maupun reboot – sebenarnya sudah ada sejak lama, era ketika negara api belum menyerang, hehehe. Pada dasarnya, menurut pendapatku pribadi berdasarkan sumber-sumber lain, RESTART dan REBOOT itu sama! Untuk lebih mudah dalam memahaminya, mari kita bedah kedua istilah tersebut melalui definisinya.

Apa Itu Reboot HP? Apa Itu Restart HP?

Reboot dan restart merupakan kata yang asalnya dari bahasa Inggris. Umumnya keduanya mengacu pada dunia teknologi – dalam hal ini hp.

Restart mengambil dari kata “re” dan “start”. Re artinya ulang dan start artinya mulai. Jika digabung arti restart hp adalah memulai ulang hp. Reboot mengambil dari kata “re” dan “boot”. Re artinya ulang dan boot artinya menyalakan. Jika digabung arti reboot hp adalah menyalakan ulang hp.

Dari situ kita dapat tarik sebuah kesimpulan bahwa reboot dan restart itu sama.

Pertanyaannya, jika sudah jelas sama, mengapa ada banyak orang kebingungan dengan istilah ini? Hal ini berkaitan erat dengan perbedaan pemakaian istilah ini untuk beragam merek hp.

Misalnya, ada dua hp produksi vendor berbeda. Hp A dan hp B.

Vendor hp A lebih memilih memakai istilah restart untuk memulai ulang sistem hp. Sementara vendor hp B lebih memilih menggunakan istilah reboot untuk menyalakan ulang sistem hp.

Sampai sini, kita sudah sepakat ya jika restart dan reboot hp itu dua istilah yang sama. Selanjutnya, aku akan menggunakan satu istilah saja, yaitu reboot.

Fungsi Reboot HP

Menurut beberapa sumber yang kubaca, ada beberapa fungsi reboot hp, antara lain:

1. Mengatasi Error

Kadang, mungkin tidak sering, hp kita terkendala sebuah masalah. Seperti aplikasi sering force close, layar nge-freeze, dll. Dalam bahasa awamnya disebut hp kita mengalami error. Nah, reboot hp dapat membantu kita untuk mengatasi error trsbt. Karena reboot akan membuat sistem kembali fresh.

2. Mengoptimalkan Kinerja Sistem

Para multitasking mania biasa sering “memperk*sa” hp dengan menyuruhnya melakukan tugas ini-itu. Tindakan itu sebenarnya akan makin membuat sistem hp bekerja lebih keras. Jika terlalu berlebihan, bukan tidak mungkin hp akan lag/freeze. Masalah ini bisa diselesaikan dengan cara restart hp. Sebab, sumber daya hp akan balik ke posisi optimalnya.

3. Menyegarkan Memori (RAM / Random Access Memory)

Ketika kita melakukan reboot hp, maka salah satu sumber daya di hp, yaitu RAM akan menjadi segar (baca: kosong). Sebagaimana diketahui, RAM yang kosong akan membuat hp jadi enteng.

Cara Restart HP (Buat HP Android dan iPhone Semua Tipe)

Semua hp, apapun merek dan OS-nya, memiliki cara reboot hp. Hal ini tinggal kita tekan tombol power dan tahan sebentar sambil menunggu opsi reboot/restart/mulai ulang muncul. Perbedaannya paling terletak pada posisi tombol powernya – ada yang di sebelah kiri, ada yang di sebelah kanan.

Namun, bagaimana jika tombol power hp kita rusak? Namanya juga barang kan ya bu bisa rusak – terlalu keras menekannya atau memang sudah usianya. Tentu saja, kita bisa mengakali dengan cara restart hp tanpa tombol power.

Cara Restart HP Tanpa Tombol Power

Untuk bisa melakukan reboot hp tanpa tombol power, kamu wajib memasang aplikasi tambahan yang bisa didownload dari Google Playstore. Ada banyak aplikasi. Yang aku ketahui adalah Quick Reboot, Simple Reboot, dll. Kamu tinggal pilih salah satu.

Sayangnya, aplikasi-aplikasi ini memerlukan akses root untuk bisa memunculkan tombol reboot/restart/mulai ulang di layar. Jika hp tidak ada akses root, maka tombol yang muncul hanyalah tombol on/off.

Tapi tidak apa, kita tetap bisa melakukan restart dengan menekan tombol off-nya. Kemudian, saat menyalakannya kita hidupkan dengan memasukkan charger USB ke konektor sambil menekan tombol volume bagian atas. Biasanya, kita akan diarahkan ke recovery. Baru dari situ kita reboot hp agar masuk ke sistem.

Untuk jelasnya, kamu bisa baca artikel lamaku ....

Selain dengan cara tricky yang sudah kujelaskan diatas, kamu juga bisa memasang custom rom yang telah dilengkapi dengan opsi reboot tanpa perlu tekan-tekan tombol power lagi.

Ya, itulah cara reboot hp tanpa tombol power. Gampang tho, meski agak tricky.

Pertanyaan Umum...

Apakah reboot HP akan menghilangkan data? Tentu saja, tidak. Kamu nggak akan kehilangan data hanya karena melakukan reboot. Akan tetapi, biasanya, kita disarankan untuk menutup semua aplikasi yang tengah dijalankan terlebih dulu agar data yang tengah diproses tidak terputus atau hilang.

Berapa lama waktu reboot hp? Tentu saja, hal ini tergantung beban operasi yang sedang dijalankan sebelum reboot dimulai. Umumnya, berkisar antara 1-3 menit.

*

Kayaknya cukup sekian deh penjelasan dariku terkait mulai ulang / restart / reboot hp ini. Aku harap sih ada manfaat yang bisa kamu dapat dari membaca artikel ini. Ya, minimal kamu bisa ngeyel kalau ada orang yang bilang reboot dan restart itu beda. Hehehe... Sampai jumpa lagi lain waktu.

Related Posts

Posting Komentar