Dblogger, Komunitas Blogger Berusia 4 Tahun

2 komentar

Sudah hampir tujuh tahun terakhir saya nge-blog. Selama itu pula, saya jatuh bangun sebagai seorang blogger (?). Walaupun saya sempat kesal dengan kejadian kehilangan domain untuk blog ini di tahun 2011 lalu dengan cara yang janggal dan sempat kehilangan semangat untuk nge-blog. Saya membangkitkan semangat untuk kembali nge-blog. Tidak cuma semangat, saya juga belajar banyak hal tentang teknik dunia blogging.

Satu hal yang saya pahami mengenai dunia blogging kini adalah persoalan backlink. Sayangnya, backlink tidak akan diberikan cuma-cuma oleh blogger lain, jika kita sendiri tidak menjalin pertemanan dengan mereka. Di dunia blogging, bentuk upaya untuk menjalin pertemanan dengan blogger lain adalah dengan cara ikut komunitas blogger. Dengan mengikuti sebuah komunitas blogger, pertemanan di antara para blogger akan semakin kental. Karena komunitas blogger, biasanya tidak hanya akan menjalin hubungan di dunia maya tapi juga di dunia nyata.

Kalau sudah banyak teman blogger, kemungkinan mendapatkan backlink tentu juga semakin banyak dong. Tapi, intinya bukan itu sebenarnya. Coba bayangkan dengan memiliki banyak teman tentu lebih memiliki banyak kesempatan. Yang jomblo lebih memiliki kesempatan mencari jodoh. Yang lagi jobless memiliki kesempatan cari peluang dengan bertanya pada teman blogger lainnya. Yang newbie seperti saya ini bisa bertanya pada para master blogging. Atau untuk teman ledek-ledekan juga enak (tapi nggak dianjurkan sih).

Nah, salah satu komunitas yang mewadahi para blogger ini adalah Dblogger. Saya baru tahu Dblogger, waktu membaca tulisan honeylizious. Jujur saja, saya nggak pernah ikut-ikutan komunitas blogger karena dulu belum tahu fungsinya. Setelah saya tahu fungsinya, saya jadi mikir kok sepertinya enaknya ya punya banyak teman. Kini, Dblogger sudah berusia empat tahun, yang artinya sebentar lagi Dblogger bakal masuk TK, SD, SMP, SMA, Kuliah. Makin pintar dan makin banyak anggotanya dan makin eksis.[]

Related Posts

2 komentar

  1. Iya mas ayo gabung bersama dblogger :)
    http://www.facebook.com/groups/182573745119937/ :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. oh, di fb juga ada ya?
      kmrn jg udah gabung di formnya mas :D

      Hapus

Posting Komentar