Buku: 30 Tokoh Penemu Indonesia

Posting Komentar
"Yeah, I can do something here. I can do something!" (Evvy Kartini, Penemu Penghantar Listrik Berbahan Gelas)

Dalam hal teknologi, banyak orang menilai bahwa Indonesia kalah dan ketinggalan dengan negara lain. Hal ini dikarenakan orang-orang Indonesia lebih suka memakai teknologi canggih temuan luar negeri, ketimbang harus pusing membuat temuan-temuan tandingan. Inilah yang menyebabkan citra bangsa ini sebagai bangsa konsumtif, yang suka sekali belanja.

Padahal, jika ditelisik lebih lanjut, penilaian seperti itu tidak sepenuhnya benar. Di antara beratus juta penduduk, ada juga orang-orang Indonesia--tersembunyi dari masyarakat kebanyakan yang memberikan sumbangsih berupa temuan-temuan teknologi -meski hanya berupa temuan kecil. Ini yang masih tidak banyak diketahui orang-orang Indonesia. Apalagi, kisah tentang mereka jarang terdengar.

Sedikit berbeda dengan penemu-penemu luar negeri yang memiliki latar belakang dunia akademis, penemu asal Indonesia ini ada yang berasal dari akademis dan non akademis. Hebat bukan?

Buku 30 Tokoh Penemu Indonesia ini memberikan sedikit gambaran tentang penemu-penemu Indonesia, yang kisa dan temuannya kerap tercecer dari ingatan orang banyak. Bagaimana kisah-kisah temuan itu bermula? Siapakah para penemu Indonesia itu?

Judul: 30 Tokoh Penemu Indonesia
Penulis: Lilih Prilian Ari Pranowo
Penerbit: Narasi
Tebal: 124 hal
Harga: 28.000

Related Posts

Posting Komentar