Pengalaman Ngeblog: Mencari Jati Diri Blog

Posting Komentar
Membuat blog itu mudah! Memelihara dan meningkatkannya yang sulit!

Kenapa? Blog adalah suatu ekspresi dari seseorang yang sifatnya personal (private). Kemudian, blog juga dikelola sendiri.


Saya mau sedikit cerita, di tahun 2009 lalu, euforia untuk membuat blog dimulai berdasarkan satu keinginan: mengikuti jejak seorang Raditya Dika yang sukses dari dunia maya. Pada perkembangannya keinginan tersebut berubah menjadi keinginan: untuk mendapatkan earning dolar dari Google Adsense. Pada perkembangannya saya bingung bagaimana seharusnya blog itu dibuat. Pada perkembangannya saya malas. Pada perkembangannya lagi saya berhenti ngeblog selama 4 tahun karena memang sudah benar-benar bingung waktu itu. Pada perkembangannya lagi saya memulai lagi blog saya dengan penuh perjuangan lagi, belum genap setahun. Nah, akhirnya saya gagal. Karena tidak punya tujuan jelas dan tetap.

Padahal, semisal saya tetap konsisten dengan tujuan awal saya. Tidak ikut-ikutan orang lain bagaimana cara mereka mengelola. Karena biar bagaimana pun passion dari diri sendiri, itulah yang terkuat. Dan jika saya melakukan itu dulu-dulu, barangkali apa yang menjadi keinginan saya sudah teraih sekarang. Tapi, sekali lagi saya tegaskan bahwa itulah kesalahan saya dalam ngeblog. Dan itu akan saya benahi sekarang dengan cara membenahi jati diri blog saya.

Posting kali ini merupakan kelanjutan dari posting sebelumnya "Kenapa Blog Ini Masih Sepi?".

Kenapa saya ingin membenahi jati diri blog saya? Pertama, blog yang saya kelola ini belum memiliki jati diri. Saya pikir blog yang sudah memiliki jati diri tentu dia pede dengan dirinya. Sementara, saya masih malu-malu kucing. Kedua, ketika menemukan jati diri blog saya, tentu saya sudah tahu apa yang saya inginkan, apa yang pembaca maui. Jadi, bisa bereksplorasi.

Saat ini saya sudah lebih paham, untuk eksis dan sukses di dunia per-blogging-an tentu ada kiatnya. Dua yang saya pahami: terus menulis postingan dan tetap belajar mempromosikannya. That's all!

Ada yang hendak menambahi postingan saya?

Related Posts

Posting Komentar