Cara Screenshot di Laptop Windows Vista/7/8/10 Tanpa Tuts PrtSc SysRq

Posting Komentar
Mengambil tangkapan layar (screenshot) merupakan fitur Windows yang sangat bermanfaat. Caranya pun sangat sederhana: pengguna hanya perlu menekan tuts "PrtSc SysRq" di keyboard, lalu dicopy ke paint atau program image lainnya.

Cara Screenshot di Laptop Windows Vista/7/8/10 Tanpa Tuts PrtSc SysRq

Tetapi, beberapa pengguna mengaku tidak bisa mengambil tangkapan layar dengan tuts "PrtSc SysRq" keyboard. Aku sendiri tidak paham kenapa hal itu terjadi. Mungkin kesalahan pengguna Windows sendiri saat melakukan konfigurasi, entahlah.

Jika teman-teman mengalami hal seperti itu, tak perlu instal aplikasi screenshot laptop pihak ketiga. Teman-teman cukup membuka "Snipping Tool" yang dimiliki Windows. Berikut cara penggunaannya!

1. Klik Start >> All Apps >> Windows Accesories.
2. Cari dan klik Snipping Tool.
3. Setelah terbuka, kamu bisa mengatur beberapa hal terlebih dulu.


  • New = memulai proses pengambilan screenshot dan pengaturan hasil print screen.
  • Delay = pengambilan screenshot bisa diberi waktu, maksimal 5 detik.
  • Cancel = membatalkan saat screenshot siap dilakukan.
  • Options = pengaturan dari Snipping Tool.
4. Setelah mengetahui pengaturan dari Snipping Tool, kamu cukup mengklik menu "New" saat sudah yakin hasil screenshot yang dimaui - kotak, full layar, bebas, atau jendela yang terbuka saja.

Penggunaan aplikasi tangkap layar di laptop milik Windows ini yidak lebih sulit daripada menekan tuts "PrtSc SysRq" kan? Jadi, saat mengalami masalah tidak bisa screenshot dengan PrtSc, maka gunakan cara ini. Semoga membantu!

Related Posts

Posting Komentar