Template Blogku yang Dulu Usang, Ini Solusiku Buat Mengatasinya!

Posting Komentar
Template baru Lilih Pedia yang mobile friendly, dan mudah-mudahan SEO friendly juga.

Belakangan hari ini, aku kembali rajin ngutak-atik template blog. Mulai dari cari informasi, memahami, sampai menerapkannya di template. Hal ini kulakukan gara-gara template blogku, Speed Up Template, yang kubeli tahun 2014 dulu, sudah tidak ramah mesin telusur lagi. Dalam kata lain: usang!

Buktinya, aku mendapat banyak notif dari Google Webmaster yang menyatakan bahwa blogku agak sulit diakses dari perangkat HP pintar. Ujung-ujungnya, ya, pengunjung blogku berkurang drastis. 

Pada awalnya, aku mengabaikan hal ini karena aku tipikal orang yang malas ngutak-atik template. Lama! Bikin habis waktu, habis pikiran!

Ada sih cara agar kegiatan ngutak-atik template tidak menghabiskan waktu dan pikiran, yaitu membeli custom template premium buat Blogger/Blogspot karya developer template terkemuka. Harganya bervariasi, setahuku, mulai dari kisaran 10-40 dolar. Yah, 100k-400k. Jadi kita tinggal ongkang-ongkang sambil transfer dan viola custom template SEO friendly sudah tinggal diaplikasikan di blog.

Sialnya, aku sama sekali tidak punya bujet untuk beli custom template premium itu. Sebab semua blogku tidak menghasilkan duit sama sekali sejak beberapa tahun terakhir. Lain soal jika blog sudah kembali menghasilkan. Mengeluarkan beberapa ratus ribu untuk mengoptimalkan blog kayaknya tidak menjadi persoalan besar.

Tiga hal tersisa yang bisa kulakukan: 1) Membajak custom template premium; 2) Menggunakan custom template premium versi free; 3) Membuat/mengkustomisasi template blogspot gratis.

Saat ini, aku memilih dua jalan terakhir yang kusebutkan. Soalnya aku sudah tidak ingin mengambil sesuatu yang tidak diizinkan dipakai secara free. 

Oiya, aku memakai template Cleanify di blog Lilih Prilian. Template ini buatan teman-teman developer Templateify. Bagus banget! Harganya sekitar 9.95 dolar. Aku pakai versi freenya.

Belakangan aku menyadari bahwa custom template free ini tidak dioptimasi dari sisi SEO-nya dan beberapa widget tidak bisa digunakan. Tak mengapa. Yang penting blog ini sudah mobile friendly dibanding sebelumnya.

Itulah kenapa aku kembali lagi ke "jalan ninja", yaitu ngutak-atik template lagi. Kelak template ini akan kuganti lagi kalau ngutak-atiknya sudah selesai.

Apakah ada diantara kamu yang menghadapi persoalan template sepertiku? Apa solusi yang kamu lakukan?

Related Posts

Posting Komentar